Cetarrr… Naura Khanza Juara 1 Lomba Fashion Show Indonesia Manortor 2024 Festival Budaya Dan UMKM

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGLAWAS |Naura Khanza Krassiva (8), model cilik asal Kota Padangsidimpuan, kembali mengukir prestasi membanggakan. Yakni juara pertama atau sebagai yang terbaik di lomba fashion show Indonesia Manortor tahun 2024 di lapangan MAN 2 Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Provinsi Sumatera Utara.

Pada moment penentu atau grand final, Rabu (31/1/2024), model cilik yang multitalent ini tampil dengan pakaian bergaya khas ‘boru marbagas’ di Tapauli Bagian Selatan (Tabagsel) pada saat dilepas orangtuanya dari depan rumah menuju rumah suami atau mertua.

Di penampilannya itu, Naura memulainya dengan langkah kecil sembari menundukkan kepala. Mengenakan setelan kebaya warna merah dan menggendong seekor ayam memakai kain selendang. Di tangan kirinya ada ‘appa’ atau sejenis bakul kecil dari anyaman bambu.

Di tengah panggung yang megah dan disaksikan lebih dari seribuan masyarakat yang berkumpul mengitari lapangan lokasi acara, Naura menunjukkan raut wajah sedih layaknya pengantin wanita yang meninggalkan keluarga menuju rumah suami.

Kemudian ia letakkan ‘appa’ dan memasukkan ayam ke dalamnya. Lalu melepas selendang merah yang melingkar dari bahunya dan meletakkannya di samping ‘appa’. Alunan musik yang tadinya sedikit melambai mulai dinaikkan intronya, dan Naura memulai aksinya.

Layaknya model profesional, murid SD Negeri 12 Kota Padangsidimpuan ini menampilkan seluruh kemampuannya dan mengundang sorak sorai seluruh penonton. Dewan juri yang juga penyanyi kenamaan Tabagsel, Citra Hasibuan, tampak sangat kagum.

“Bunda sangat bangga melihat Naura. Pokonya the best lah. Ananda Naura mampu menyesuaikan gerakan dengan alunan musik. Pakaiannya sangat sesuai dengan tema meski dipadukan dengan payet dan pernak-pernik. Sukses ya Nak,” katanya.

Pada malam harinya, dewan juri mengumumkan siapa dari tujuh peserta grand final yang meraih juara. Ternyata si model cilik Naura Khanza Krassiva berhasil menyabet juara pertama fashion show Indonesia Manortor tahun 2024.

Serasa belum puas dengan penampilan-penampilan Naura sebelumnya. Dewan juri dan pantia memintanya untuk menampilkan gaya dan fashion di tengah ribuan pengunjung. Mengenakan gaun berwana hitam, penampilan Naura mengundah riuh kagum seluruh yang hadir di arena Indonesia Manortor 2024.

Pada pengumuman juara lomba yang digelar dalam Indonesia Manortor ini, ternyata
grup tari kreasi Dream Etnik sukses meraih prestasi juara pavorit. Group ini terdiri dari bocah-bocah cilik membanggakan dari Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan.

Personil group ini terdiri dari Anindya Nayyara, Naura Khanza Krasiva, Rani Chantika, Alisha Mecha, dan Kheisa Arsifa Muda. Mereka menampilkan tarian yang memadukan gerak tari tradisional dan modern.

Untuk diketahui, tampil di Indonesia Manortor 2024 merupakan debut yang baru kedua kalinya group tari krasi Dream Etnik tampil di depan khalayak ramai dan pada even bergengsi. Pertama pada pelantikan Forum Keluarga Besar Paranormal dan Alternatif Indonesia di Alaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan.

Group binaan Lia Diana Sari dan Lily Lubis ini terdiri dari bocah-bocah pemberani dan multitalent. Dengan kreasi gerakan yang indah dipadang mata, mereka mampu memukau penonton.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Padang Lawas Ahmad Zarnawi Pasaribu mengapresiasi Ifan KDI dan kawan-kawan yang telah menginisiasi pelaksanaan Indonesia Manortor Festival, Budaya dan ke UMKM Tabagsel Tahun 2024 ini.

“Perlu kita ingat bersama, bahwa dalam mengembangkan dan melestarikan budaya tor-tor adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu mari berkomitmen melestarikan budaya tor-tor ini sebagai kekayaan adat budaya kita”, ujar Plt. Bupati Palas.

Hal ini sangatlah penting, mengingat di zaman sekarang arus globalisasi dan budaya luar terus menggerus budaya daerah. Tentunya secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak dan mempengaruhi karakter budaya bangsa kita di suatu saat nanti.

Melalui Indonesia manortor, Plt. Bupati Palas mengajak semuanya membina dan mengembangkan budaya daerah kepada generasi muda. Karena masa depan suatu bangsa ada di tangan generasi muda.

Hadir anggota DPR RI Ongku P. Hasibuan, mewakili Pemkab Tapsel Hamdan Zen dan Ibnussalam Harahap, Plh. Sekda Palas Amir Soleh Nasution, Kakan Kemenag Palas Abdul Manan, mewakili Pengadilan Negeri dan Polres Palas. Pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh masyarakat dan lainnya.

Di lokasi acara, Lily Lubis ibunya Naura Khanza menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara, karena kegiatan ini memiliki gaung dan manfaat yang besar. Ia berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan, karena bagian dari pelestaran budaya.

“Semoga ke depannya terobosan-terobosan positif seperti ini lebih sering diberikan kepada kepada masyarakat. Karena selain pelestarian adat budaya juga mampu mencari bakat-bakat generasi muda yang cinta pada adat budayanya. Mampu mencegah geneari muda dari penyalahgunaan narkotika dan kejahatan remaja”. tuturnya

Lily Lubis menyebutkan, juara atau tidak juara dalam perlombaan yang dilaksankana adalah hal yang biasa. Paling utama ialah bagaimana kita mampu belajar dari kekalahan dan bersyukur atas prestasi yang di peroleh.(LL)