3 Rumah Ludes Terbakar Di Padangsidimpuan

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN |Tiga rumah semi permanen di Gang H Marasad, Jalan Yos Sudarso, Lingkungan IV, Kelurahan Wek IV, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (6/1/2024) terbakar. 27 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal.

Informasi dilapangan, sijago merah pertama kali terjadi pukul 15.20 WIB, dari rumah yang ditinggali keluarga Duma Harahap. Kondisi bangunan papan yang tua itu, membuat api cepat menyebar ke rumah-rumah di sebelah lokasi.

Imbasnya, rumah keluarga Safran Dalimunthe dan Landong Dalimunthe pun tak luput dari jilatan api yang terus membumbung meski dalam kondisi cuaca mendung berhujan ringan itu.

Keluarga Safran dan keluarga Landong berupaya menyelamatkan harta benda yang masih bisa mereka evakuasi keluar. Meski pun tidak banyak lagi yang tersisa.

“Padahal inilah rumah peninggalanmu Yah, baru saja kamu meninggal, rumahmu pun tidak ada lagi,” tangis histeris anak perempuan Safran Dalimunthe, dari seberang rumah yang terbakar.

Duma Harahap sendiri saat peristiwa ini, tidak berada di rumah. Keluarga ini sedang melayat ke rumah keluarga mereka di Gang Dame, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Tidak ada yang bisa diselamatkan dari dalam rumah mereka.

Menurut Abdul Halim Tanjung (56), salah seorang saksi dan tetangga. Dari rumah berdempet ini, semua keluarga yang menjadi korban masih memiliki hubungan saudara. Termasuk Abdul Halim.

“Kalau orang keluarga Duma, belum di sini karena tadi keluar melayat ke Kampung Darek. Tadinya teriak-teriak, rupanya api sudah membesar, kami pun sama-sama berusaha membantu apa saja yang bisa terselamatkan,” cerita Abdul Halim.

Abdul Halim menyaksikan, bagian api yang pertama membesar di rumah di ujung, atau di sekitar yang ditinggali keluarga Duma Harahap. Ia tidak bisa memastikan penyebab kebakaran, namun diduga korsleting arus listrik.

“Baru itu menyebar ke tengah sampai ke pinggir ini. Rumah orang si Adi ini, ini juga tadi dievakuasi (barang-barang),” cerita Halim. Rumahnya berjarak dua rumah dari rumah yang terbakar.

Perlu diketahui, dalam peristiwa kebakaran ini ada 27 jiwa yang kehilangan tempat tinggal. Dalam keluarga Duma Harahap, ada sebanyak 8 orang. Keluarga Safran Dalimun sebanyak 8 orang dan keluarga Landong Dalimun sebanyak 11 orang.

Api berhasil dipadamkan hingga pukul 16.30 Wib. Atau sekitar satu jam sejak api mulai membakar rumah-rumah itu. Dibantu tim pemadam kebakaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Lurah Wek IV Sri Devi Harahap menuturkan, saat ini mereka masih melakukan pendataan dan mengiventarisir kerugian materil dari peristiwa kebakaran ini.

“Belum kita tahu dan memastikan alasannya, lalu berapa kerugiannya. Karena satu keluarga korban juga belum ada di sini. Saat ini kami masih melakukan pendataan,” katanya yang berada di lokasi kebakaran saat peristiwa itu terjadi.(LL)