AKBP Yasir Ahmadi SIK.MH Disambut Tradisi Pedang Pora Sebagai Kapolres Tapsel Yang Baru

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN |Pergantian pucuk pimpinan di keluarga besar Polres Tapsel disambut secara adat Batak Angkola dan tradisi pedang pora untuk menyambut kedatangan AKBP Yasir Ahmadi SIK.MH beserta istri, Jumat (5/1/2024).

Demikian juga mantan Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni yang kini menjabat Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Polda Sumatera Selatan, dilepas dengan tradisi pedang pora.

Penyambutan dan pelepasan dua perwira menengah Polri ini berlangsung hikmat dan suka cita. Air mata bercucuran di tengah gerimis yang mengguyur Mapolres Tapsel di Jalan SM Raja, Kota Padangsidimpuan.

Sekira pukul 17:00, Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi bersama istri tiba di gerbang Mapolres Tapsel. Disambut para pengetua adat Angkola Sipirok dengan ritual adat.

Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap dan istri turut hadir di barisan penyambutan. Dikawal hulu balang pembawa tombak dan pedang, AKBP Yasir dan istri melangkah menuju barisan perwira pedang pora.

Seiring langkah Kapolres Tapsel dan istri, satu per satu pedang pora yang merintangi jalan diangkat ke atas hingga menyerupai lorong beratap pedang.

Tiba di depan markas, ‘orang nomor satu’ di Polres Tapsel itu disambut AKBP Imam Zamroni bersama istri. Selanjutnya diarak ke Aula Pratidina untuk temu ramah internal.

Sore menjelang Maghrib, giliran AKBP Imam Zamroni dan istri yang dilepas melintasi barisan perwira pedang pora. Tangisan personil aktif dan purnawirawan Polres Tapsel pecah, seolah tak ingin berpisah dengan mantan komandannya itu.(LL)