Forum Konsultasi Publik RPJPD Padangsidimpuan 2025-2045, PJ Walikota Minta Penyusunannya Fokus Dan Akomodatif

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN |Untuk merumuskan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 – 2045 Pemerintah Kota Padangsidimpuan melaksanakan Forum Konsultasi Publik di Emerald Hall Mega Permata Hotel pada Selasa (19/12/2023).

Forum konsultasi publik merupakan rangkaian tahapan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah yang bertujuan menghimpun masukan dan ide konstruktif untuk penajaman isu-isu strategis, visi dan misi, tema, arah kebijakan, sasaran dan target pembangunan daerah selama dua puluh tahun ke depan yang dirumuskan dalam dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah agar lebih fokus dan akomodatif.

Dalam Forum ini, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Siwan Siswanto menyoroti beberapa hal penting yang menjadi target pembangunan Kota Padangsidimpuan yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan, dan peningkatan sektor pertanian dan ketahanan pangan.

“Untuk mewujudkan itu semua, masukan dari semua unsur sangat diharapkan agar forum konsultasi publik ini menjadi lebih bermakna. Karena forum konsultasi publik ini merupakan media utama bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan sasaran pembangunan.” Paparnya.

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes dalam forum tersebut menyebutkan Kota Padangsidimpuan memiliki visi BERSAMA (Berdaya saing, Sejahtera, dan Maju) Padangsidimpuan Madani.

Dalam mewujudkan BERSAMA Padangsidimpuan Madani, Dr. H. Letnan Dalimunte, SKM, M.Kes menetapkan empat misi untuk Rancangan Awal RPJPD Kota Padangsidimpuan Tahun 2025 – 2045 yaitu :

  1. Mewujudkan SDM yang berdaya saing, unggul dan berakhlak mulia.
  2. Mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat yang sejahtera dan merata
  3. Mewujudkan pembangunan ekonomi yang tumbuh, produktif dan adaptif.
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik berasaskan keadilan sosial.

“Karena menyangkut masa depan Kota Padangsidimpuan selama 20 tahun ke depan serta untuk mempersiapkan generasi emas 2045, pondasi dan program rangkaian kerja harus ter mapping dan terukur dari saat ini mengingat generasi mudalah nantinya akan memandu peta jalannya pemerintahan.” Paparnya.(LL)