Pemko Padangsidimpuan Gelar Peringatan HKN ke-59 Tingkat Kota Padangsidimpuan

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN |Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes menghadiri kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun tingkat Kota Padangsidimpuan yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Rabu (22/11).

Kegiatan peringatan HKN ke-59 dihadiri oleh berbagai pihak, di antaranya Ketua DPRD kota Padangsidimpuan, Staff Ahli, Pimpinan OPD, dan Para Camat serta para undangan lainnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Balyan Siregar, S.KM, M.Kes, BPJS Kota Padangsidimpuan, Kapus Kesehatan, serta Pengurus Organisasi Profesi Kesehatan.

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes dalam sambutannya mengatakan HKN ini diharapkan menjadi momentum bagi para dokter, perawat dan semua insan kesehatan yang tergabung dalam semua asosiasi untuk melakukan transformasi.

“Tujuan dari peringatan HKN ke-59 sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat bersama dalam mensukseskan Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju, sebagaimana tema dari peringatan ini.”terangnya

“Kita harus mentransformasi atau melakukan perubahan yang lebih baik kepada masyarakat. Baik itu dalam pembiayaan maupun fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Wako letnan menegaskan jangan pernah ada pasien yang meneteskan air mata akibat tidak adanya pelayanan. Artinya, Kita sebagai ASN harus mengutamakan pelayanan daripada kepentingan pribadi sendiri. Sebagai Pelayan, kita harus memberikan kepentingan umum diatas kepentingan sendiri.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Siwan Siswanto, SH,MM menyampaikan enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun bersama dan terus menerus sebagaimana amanat yang terdapat dalam UUD 1945 ‘Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab terhadap penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.” Ucapnya

“Terakhir saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk jajaran Dinas Kesehatan atas terselenggaranya kegiatan ini,” tutup siswan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Balyan Siregar, S.KM, M.Kes berharap Transformasi Kesehatan bisa diimplementasikan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada.

“Transformasi kesehatan dapat ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik apabila ada kolaborasi yang erat dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat. Tidak kalah penting, transformasi kesehatan tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan Kesehatan.” Tambahnya

“Sebagaimana yang sering disebut bapak menteri, pilar transformasi ke tujuh, nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, professional, dan tidak korupsi serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” Lanjut Kadis Balyan.

Kegiatan tersebut ditutup dengan acara pemotongan nasi tumpeng dan pemotong kue serta pemberian bantuan kesehatan secara simbolis kepada masyarakat secara langsung.(LL)