Uncategorized

Jalan Ke Danau Siais Amblas, Ribuan Warga Nyaris Terisolir

http://www.kiispadangsidimpuan.com

TAPANULI SELATAN |Ribuan warga di Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan nyaris terisolir akibat Jalan Nasional Pantai Barat menuju Danau Siais amblas di Kampung Malombu, Desa Perkebunan, Kecamatan Batangtoru, Senin (13/11/2023) sore.

Panjang jalan yang amblas itu diperkirakan mencapai 75 meter. Berada di pinggir Sungai Malombu yang bermuara ke Sungai Batangtoru. Badan jalan yang tersisa dan bisa dilintasi cuma selebar 1 meter.

Hanya kendaraan roda dua atau sepedamotor yang bisa melintas. Sedangkan kendaraan roda empat ke atas sama sekali tidak bisa melintas lagi.

Pengendara roda empat ke atas yang hendak ke Danau Siais atau ke wilayah Kecamatan Angkola Sangkunur, disarankan tidak lewat jalur Batangtoru terkecuali naik sepedamotor. Tetapi disarankan lewat Simarpinggan Kecamatan Angkola Selatan.

Pengendara dari arah Singkuang Mandailing Natal juga disarankan melintasi jalur Simarpinggan.Yakni dengan cara masuk Simpang Gua Asom di kanan Gapura pinggir Danau Siais.

Sampai Selasa (14/11/2023) siang, jalur penghubung Batangtoru Tapsel ke Muara Batang Gadis di Kabupaten Mandailing Natal yang amblas itu hanya bisa dilintasi sepedamotor.

Ramadhan, seorang warga yang melintas di lokasi menyebutkan, jalan amblas terjadi pada Senin (13/11) sore. Ketika itu hujan lebat dan air Sungai Malombu hampir meluap.

“Amblasnya badan jalan ini tidak terjadi sekaligus, tetapi pelan-pelan dari titik yang satu ke titik lainnya. Aspal hotmix dan tanah amblas langsung diseret air sungai,” kata Ramadhan.

Dijelaskan, tidak lama setelah kejadian, antrean kendaraan roda empat ke atas mulai berjejer di kedua arah. Hanya sepedamotor yang bisa melintas dari sisi jalan yang tidak ikut amblas.(LL)