Lalooo…. Gempa Sidempuan Terasa Dimana-Mana

PADANG SIDEMPUAN

Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 Skala Ritcher (SR) yang berpusat sekitar 82 Kilometer di arah Barat Daya Kota Padang Sidempuan terjadi pada Senin (3/4/2023) sekitar jam 22:00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Belum ada informasi kerusakan ataupun korban akibat gempa bumi yang getarannya terasa di tiga provinsi ini, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Aceh.

Pantauan di Padang Sidempuan, warga berhamburan keluar dari rumah sembari berteriak “Lalooo.. (gempa bumi dalam penyebutan bahasa Batak Angkola dan Batak Mandailing).

Di berbagai group media sosial, warga beramai-ramai memosting informasi gempa bumi tersebut, sembari berharap tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan fatal

Berdasarkan info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut Samudera Indonesia yang berjarak sekitar 82 Kilometer (KM) ke arah Barat Daya Kota Padang Sidempuan.

Pusat gempa berada pada kedalaman 102 Kilometer di dasar laut Samudera Indonesia dan tidak berpotensi tsunami. Titik koordinatnya berada di 0,86 Lintang Utara (LU) – 98,73 Bujur Timur (BT)

Di Provinsi Sumatera Utara, guncangan gempa bumi ini terasa di wilayah Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Dairi, Gunung Sitoli, Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Di Provinsi Sumatera Barat guncangan gempa terasa di Pasaman Barat, Pasaman Timur dan Agam. Sedangkan pada wilayah Provinsi Aceh terasa di Subulussalam, Aceh Selatan dan Banda Aceh.

Informasi diperoleh di empat daerah wilayah Tapanuli Bagian Selatan, getaran gempa bumi di malam ke-13 bulan suci Ramadhan ini terasa kuat. Warga lari keluar rumah menyelamatkan diri dan anggota keluarga.

Belum ada informasi tentang kerusakan maupun korban akibat gempa ini di Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara dan Kota Padang Sidempuan. (LL)