Uncategorized

Wakapolres Tapsel Ingatkan Kades Agar Jangan Pungli, Terutama Penyaluran BLT

http://www.kiispadangsidimpuan.com

Tapanuli Selatan – Wakapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), Kompol Rahman Takdir Harahap, SH, mengingatkan para Kepala Desa (Kades) agar jangan sampai ada yang melakukan pungutan liar (Pungli) pada pelayanan publik, terutama saat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT).

“Para Kades jangan ada yang melakukan Pungli, apalagi pada penyaluran BLT yang sumbernya dari dana desa (DD),” ungkap Wakapolres yang juga Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Tapsel saat melakukan sosialisasi ke seluruh Kades se-Kecamatan Sipirok, Senin (6/3/2023) pagi.

Pada sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sipirok itu, Wakapolres mengingatkan para Kades supaya lebih maksimal melayani masyarakat. Dia berharap, pemerintahan di desa harus jadi contoh pemberantasan perbuatan Pungli di masyarakat.

“Mari tingkatkan pelayanan dan berikan pelayanan yang prima ke masyarakat,” terang Wakapolres.

Menurut Wakapolres, para Kades harus menjadi teladan bagi anggotanya di Kantor, untuk tidak melakukan Pungli. Selain bisa berujung pada tindak pidana, perbuatan Pungli dapat hilangkan kepercayaan publik terhadap pejabatnya.

“Oleh karena itu, mulai dari sekarang, mari kita budayakan bersih dari Pungli di setiap pelaksanaan tugas sehari-hari,” pungkas Wakapolres.

Sebelumnya, Camat Sipirok, Syahruddin Perwira, SSos, MM, membuka acara sosialisasi Saber Pungli tersebut. Setelahnya, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tapsel, Hasan Basri Hutasuhut.

Usai kegiatan, para peserta sosialisasi, saksikan pemutaran video terkait pencegahan Pungli di tengah-tengah masyarakat. Para peserta, tampak antusias mengikuti sosialisasi tersebut. (LL)