Pawai Ta’aruf Meriahkan MTQ Ke-22 Di Kota Padang Sidempuan

Pawai ta’aruf MTQ ke-22 berlangsung meriah dengan diikuti Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda, Forkopimda, OPD, barisan devile dan marching band anak-anak sekolah.

http://www.kiispadangsidimpuan.com

P. Sidempuan – Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution melantik sekaligus membaiat 45 orang Dewan Hakim Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Jum’at (3/3/2023) siang.

Usai pembaiatan, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, pimpinan OPD dan pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) agama Islam melepas sekaligus mengikuti pawai ta’aruf.

Pada saat pelantikan dan pembaiatan Dewan Hakim di aula kantor sekretariat daerah, Wali Kota Irsan Efendi Nasution menyebut MTQ ke-22 ini digelar tiga hari, Sabtu (4/3/2023) sampai Senin (6/3/2023) di Alaman Bolak Padang Nadimpu.

Diikuti kafilah dari enam kecamatan dan menampilkan berbagai cabang lomba seperti tilawah, tahfiz, fahmil dan khattil Qur’an. Sehingga keberadaan Dewan Hakim menjadi unsur paling penting dalam MTQ.

“Dewan Hakim yang dilantik ini tentunya memiliki kredibilitas dan komitmen moral terhadap tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan. Figur dan kiprahnya sudah nyata dalam MTQ di Padang Sidempuan,” katanya.

Irsan berharap, Dewan Hakim benar-benar melaksanakan tugas dan tanggungjawab penilaian terhadap para peserta MTQ. Objektif dan berpegang teguh pada pedoman perhakiman dan norma-norma yang berlaku.

“Berikan penilaian sesuai potensi dan prestasi para peserta,” pinta Irsan seraya menyebut ini akan menjadi pelaksanaan MTQ terakhir di masa kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Arwin Siregar.

Sebelumnya Ketua MUI Kota Padang Sidempuan Ustadz Zulfan Efendi Hasibuan bersyukur atas pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-22. “Ini tugas mulia untuk memilih qori dan qoriah terbaik di kota kita,” ujarnya.

Karena itu dia berharap Dewan Hakim dapat amanah dalam mengemban tugas. Istikomah dan objektif dalam memberikan penilaian.

Pawai Ta’aruf

Usai pelantikan Dewan Hakim, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota dan Sekda melepas sekaligus ikut serta dalam pawai ta’aruf MTQ ke-22 Kota Padang Sidempuan yang berlangsung meriah.

Pawai ta’aruf dilepas dari depan Pos Polisi Kota ke Jalan Sitombol dan belok kanan ke Jalan Serma Liam Kosong. Sampai depan rumah dinas Wali Kota, belok kanan ke garis finish di arena MTQ ke-22 Alaman Bolak Padang Nadimpu.

Pawai ini diikuti kafilah enam kecamatan, barisan devile dan marching band anak sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. Ada juga barisan devile Ormas agama Islam seperti IPHI dan BKMT.

Wali Kota Irsan Efendi Nasution, Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, OPD, Forkopimda dan para ulama tampak ikut di barisan devile. Mereka di barisan kedua di belakang marching band SMP Negeri 1.

“Alhamdulillah wa syukurillah. Pawai taaruf berlangsung meriah dengan dibarengi semangat tinggi masyarakat Kota Padang Sidempuan menyambut MTQ ke-22,” kata Irsan.

Wali Kota Padang Sidempuan ucapkan terimakasih kepada semua peserta pawai ta’arup. Juga kepada TNI, Polri, pimpinan Ormas Islam dan segenap elemen yang telah ikut menyukseskan pawai ini.

“Mari kita sukseskan dan meriahkan MTQ ke-22 ini. Sekaligus kita doalan semoga membawa berkah melimpah bagi seluruh masyarakat Kota Padang Sidempuan dimanapun berada,” ajak Wali Kota Irsan. (LL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *