Warga hanyut terbawa arus Sungai Batang Kumal di Desa Bargot Topong masih dalam pencarian

http://www.kiispadangsidimpuan.com

Padang Sidempuan – Hingga kini masih dilakukan pencarian terhadap seorang warga yang hanyut terbawa arus Sungai Batang Kumal di Desa Bargot Topong, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kota Padang Sidempuan hingga, Minggu (13/11/2022) pagi, belum ditemukan.

Pemko Padang Sidempuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama petugas gabungan dari Polsek batunadua Polres Padang Sidempuan dan TNI masih melanjutkan pencarian korban bernama Mara Imam Siregar, (58 Tahun) warga setempat, yang hanyut terbawa arus sungai batang Kumal saat menyebaranginya, Jumat (11/11/2022) malam.

PLT Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota PSP Dedy Iriansyah siregar saat di konfirmasi Reporter KIIS fm Lily Lubis mengatakan pada hari kedua proses pencarian korban sampai saat ini masih berlangsung.

Dedy menjelaskan, dalam proses pencarian tim BPBD padang Sidempuan bersama petugas gabungan bersama masyarakat melakukan penyisiran di sepanjang Aliran Sungai batang Kumal menggunakan perahu karet dengan menempuh jarak penyisiran 25 kilometer kata Dedy.

“Disebutkannya, tim gabungan telah melakukan pencarian sesuai rencana operasi di sekitar lokasi kejadian dan menyisir aliran sepanjang sungai Batang kumal,” ucap PLT BPBD Kota PSP.

Dikatakannya jika proses pencarian pada hari kedua ini belum juga membuahkan hasil. “Operasi pencarian akan dihentikan sementara sekitar pukul 17.00 WIB. Untuk kemudian dilanjutkan hari ini Minggu (13/11/2022),” karena kondisi cuaca yang ekstrim tak memungkinkan untuk melanjutkan pencarian, tandasnya.

Jajarannya juga didukung fasilitas seperti 1 unit rescue car, perahu karet, 1 set peralatan medis dan alat pelindung diri petugas. Ada bantuan juga dari federasi arum jeram Tapanuli selatan, mereka ikut serta dalam proses pencarian agar secepatnya korban ditemukan. Ungkap Dedy.

Sebelumnya seorang pria warga Dusun V desa Bargot Topong, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kota Padang Sidempuan di kabarkan hanyut di sungai Batang Kumal Jumat, 11 November 2022 petang.

Korban diketahui seorang petani bernama Mara Imam Siregar, pantauan dilokasi petugas gabungan sampai saat ini masih berusaha mencari pria 58 tahun itu di sungai Batang Kumal yang sedang meluap.

“Plh Kapolsek batunadua AKP Irsan bakti Harahap kepada Awak media membenarkan kejadian itu berdasarkan keterangan pihak keluarga, Korban diduga memaksa menyeberang sungai sewaktu pulang dari kebun,” ucapnya.

Karena korban tak kunjung sampai ke rumah kata Irsan lalu pihak keluarga bersama warga berinisiatif untuk menyusul dan ternyata korban tidak ada. Sekira 2 km dari tempat penyeberangan korban ditemukan kain dan sandal korban.

Mendapat kabar itu pihaknya bersama petugas gabungan mendatangi sungai itu untuk melakukan pencarian,” ujar AKP Irsan bakti Harahap.

Warga menyakini korban menghilang diduga hanyut. Sebab, ada beberapa saksi yang melihat korban sedang berada di sungai serta menemukan Kain dan sandal milik korban di pinggir sungai.

Untuk tindakan antisipasi dan pencegahan terjadinya korban, BPBD bekerjasama dengan Polri dan TNI memberikan himbauan “Saat curah hujan tinggi. Kami minta kepada warga agar lebih berhati-hati,” pinta Dedy. (LL)