Uncategorized

Curah Hujan Yang Tinggi, Desa Di Kabupaten Tapanuli Selatan Terendam Banjir.

http://www.kiispadangsidimpuan.com Tapanuli Selatan-Akibat curah hujan yang begitu tinggi, tiga desa yang terletak di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terendam banjir, pada Rabu (9/11/2022) malam.

“Curah hujan yang tinggi selama lebih dari 6 jam, menyebabkan air masuk ke dalam rumah warga dengan ketinggian mencapai paha orang dewasa,” terang Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, kala meninjau lokasi banjir di Desa Janji Manaon.
Lebih lanjut, Kapolres menerangkan, adapun jumlah masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut lebih kurang mencapai 20 kepala keluarga (KK). Kata Kapolres, adapun tiga desa di Tapsel yang terendam banjir itu, yakni Janji Manaon, Sitampa, dan Tahalak Ujung Gading.
“Meski demikian, tidak ada korban jiwa atas musibah ini. Situasi di lokasi banjir juga terpantau masih aman terkendali,” terangnya.

Akibat banjir tersebut warga dua desa, yakni Sitampa Simatoras dan Janji Manaon, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), terpaksa harus mengungsi.
“Untuk sementara, warga di dua desa tersebut, harus mengungsi. Sebab, debit air yang tadinya sepaha orang dewasa, kini tingginya sudah sepinggang,” terang Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, yang juga terjun ke lokasi banjir.
Kapolres melanjut, untuk Desa Sitampa Simatoras, luapan banjir terparah, menggenangi 10 unit rumah dan Desa Janji Manaon 13 unit rumah. Ia menghimbau ke masyarakat di dua daerah tersebut, agar tetap waspada, manakala debit air tiba-tiba meninggi.
“Untuk Desa Tahalak Ujung Gading, di kecamatan yang sama, masih terbilang aman dan warga belum harus mengungsi,” imbuhnya menutup.(LL)