6 Rumah Terbakar di Kampung Marancar

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN

Enam rumah warga di Gang Pembangunan, Kelurahan Rambin Kampung Marancar (Bincar), Kecamatan Padangsidimpuan Utara, terbakar pada Sabtu (25/6/2022) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Tetapi jumlah kerugian materil ditaksir mencapai Rp.2.000.000.000 atau dua miliyar rupiah.

Reporter KIIS FM Lily Lubis yang turun ke lapangan memperoleh informasi bahwa enam rumah terbakar itu milik Monang Nasution, Agus Sallim Nasution, Abdul Kadir Siagian, Hadi Suwarno Nasution, Ali Akbar Lubis dan Mara Hasian Pohan.

Kronologi kebakaran berawal dari Monang Nasution melihat kobaran api pada tumpukan kayu bakar yang berada persis di samping rumahnya. Kemudian ia berupaya memadamkannya dengan air yang diambil pakai ember.

Namun upaya itu tidak berhasil dan api malah justru semakin berkobar. Monang Nasution minta tolong kepada warga bernama Zainul untuk memadamkan api.

Sayangnya mereka tidak mampu menaklukkan kobaran sijago merah itu dan malah semakin membesar hingga menjalar ke rumah warga di sekitarnya.

Mengetahui ada kebakaran, warga berdatangan untuk membantu memadamkan api yang terus menjalar hingga menghanguskan enam rumah warga.

Tidak berapa lama, enam mobil pemadaman kebakaran milik Pemko Padangsidimpuan dibantu satu unit milik Pemkab Tapanui Selatan datang memadamkan api. Namun upaya pemadaman terkendala karena jalan ke lokasi kebakaran itu terlalu kecil.

Upaya pemadaman api sampai benar-benar padam, berlangsung hingga 4 jam. Warga telah membuka dapur umum dan menyediakan pengungsian sementara bagi para korban.

Di lokasi, tampak personil Polri dan TNI membantu upaya pemadaman api. Sekaligus membantu mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan dari rumah warga yang terbakar itu. (LL)