Waduh…Warga Labuhan Batu Temukan 116 Butir Amunisi Senjata Api Di Padangsidimpuan, Polisi: Sudah Diserahkan

116 Amunisi Peluru Yang Ditemukan Warga, Photo Istimewa Humas Polres Padangsidimpuan /Mansur Lubis

http://www.kiispadangsidimpuan.com PADANGSIDIMPUAN-Seorang warga temukan 116 butir amunisi senjata api (senpi) didalam salah satu rumah di Lingkungan III, Kelurahan Hutaimbaru, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara,

Dilansir dari sumber, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo melalui Kasi Humas AKP Maria Marpaung dalam keterangan press releasenya, Rabu (25/05/2022) menyampaikan, Jahrawi Siregar (55) warga Dusun Siluman B, RT 001 RW 002, Kelurahan Desa Lingga Hara, Kecamatan Bilah Barat , Kabupaten Labuhan batu, Sumut, menyerahkan 116 butir amunisi senjata api ke Polsek Hutaimbaru dengan rincian 42 butir peluru aktif diameter 3,5 mm, 7 butir peluru aktif diameter 4,5 mm dan 67 butir peluru aktif dengan diameter 9,5 mm.

Lanjut Maria. “dimana menurut Jahrawi rumah (tempat) lokasi ditemukannya amunisi tersebut merupakan rumah orangtuanya Almarhum Serma Parhanuddin Siregar yang juga Purnawirawan TNI AD dari satuan Kodim 0212 TS dan semasa hidup orangtuanya red Almarhum, mereka juga pernah menyerahkan senjata api ke Kodim 0212 Tapanuli selatan.

“Dimana sekitar Tahun 2009 sejak orangtuanya Jahrawi (almarhum Parhanuddin Siregar) meninggal dunia di Lingkungan III, Kelurahan Hutaimbaru, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan dan almarhumah ibunya Maswarni Harahap tinggal sendiri dirumah tersebut hingga meninggal dunia pada tahun 2016 silam.

“Setelah kedua orangtuanya meninggal dunia, rumah tersebut tidak ada yang menempatinya (kosong) berhubung karena keturunan dari almarhum Purnawirawan Serma Parhanuddin Siregar tidak ada yang berdomisili di Kelurahan Hutaimbaru,”kata Maria.

Perwira Pertama Polri itu membeberkan kronologi awal penemuan amunisi tersebut, dimana pada Sabtu (21/05/2022) Jahrawi kembali ke rumah orangtuanya untuk menempati (tinggal menetap),pada saat membersihkan rumah pria itu menemukan kotak (kardus) yang berisikan amunisi (peluru) senjata api tersebut, yang diduga peninggalan orangtuanya yang belum sempat diserahkan ke Kantor Satuan Kodim 0212 Tapanuli Selatan.

Akhirnya pada Rabu (25 /05/2022) sekitar pukul 11.00 WIB ,Jahrawi yang merupakan warga Labuhan Batu tersebut menyerahkan temuan amunisi (peluru) itu ke-Polsek Hutaimbaru dan diterima langsung oleh Kapolsek Hutaimbaru AKP M Panggabean “ujar Perwira Balok Tiga itu.

Setelah diterima dan mengamankan amunisi tersebut petugas juga mengintrogasi yang bersangkutan red Jahrawi dan melakukan cek TKP.

Kapolsek Hutaimbaru AKP M Panggabean mengucapkan “terimakasih terhadap masyarakat yang sudah koporatif menyerahkan amunisi (peluru) tersebut ke-Polsek Hutaimbaru karena benda tersebut bisa membahayakan apa bila disalah gunakan orang.

“Kemudian Kapolsek Hutaimbaru melakukan koordinasi dengan Kasat Intel Polres Padangsidimpuan AKP P Gultom juga Unit Intel Kodim Serka Harmansyah Lubis dan membuat tanda terimah penyerahan amunisi (peluru) dari masyarakat kepada Kapolsek Hutaimbaru.

Selanjutnya Kapolsek Hutaimbaru AKP M Panggabean menyerahkan amunisi (peluru) tersebut ke Polres Padangsidimpuan untuk diamankan di Bagian Logistik (Baglog),” tutup Maria. (Mansur Lubis)