Wali Kota Padang Sidempuan Buka MTQ Ke-XXI

http://www.kiispadangsidimpuan.com PADANG SIDEMPUAN

Wali Kota Irsan Efendi Nasution secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Padang Sidempuan ke-XXI di lapangan Water Boom Pokenjior, Desa Joring Natobang, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu, Jum’at (4/3/2022) sampai Minggu (6/3/2022).

Pembukaan ditandai kumandang adzan diiringi pukulan bedug 21 kali oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Wakil Ketua DPRD Erwin Nasution, Wakapolres Kompol Syahril, Kakan Kemenag Syarifuddin Siregar, Pasiter Kodim 0212/TS, Ketua MUI dan Ketua IPHI.

Dalam sambutannya Wali Kota Padang Sidempuan mengatakan, Al Qur’an sarat dengan makna kehidupan. Selain itu, kitab suci yang berisi firman Allah SWT ini merupakan hidayah dan petunjuk ke jalan yang benar.

“Harapan kami, MTQ ini mampu menjadi penyaring nilai-nilai negatif di tengah gencarnya perkembangan zaman. Khususnya bagi kaum milenial sebagai generasi masa depan kita,” harap Wali Kota Sidempuan.

Kepada peserta diharap agar berjuang secara sportif. Kepada Dewan Hakim diharap dapat memberikan penilian objektif sehingga MTQ ini meghasilkan qori dan qoriah yang benar-benar terbaik di bidangnya.

Tak lupa Wali Kota Sidempuan berterimakasih kepada tuan rumah masyarakat Kecamatan Sidempuan Angkola Julu, khususnya AKBP Parluatan Siregar, yang telah menyediakan lokasi pelaksanaan MTQ ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD Erwin Nasution menyebut MTQ ini agenda rutin tahunan dalam rangka menjaring qori dan qoriah terbaik. Selanjutnya menjadi utusan Kota Padang Sidempuan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan Kakan Kementerian Agama Sidempuan Syarifuddin Siregar menyebut MTQ forum silaturahmi kaum muslimin. Juga bertujuan membumikan Qur’an, pengembangan syiar Islam dan merajut kebersamaan sehingga tercipta kerukunan dan persatuan.

Camat Padang Sidempuan Angkola Julu Ridwan Ritonga berterimakasih karena mempercayakan daerah mereka sebagai lokasi pelaksanaan MTQ ke XXI. Dia dan seluruh masyarakat berjanji akan menjadi tuan rumah yang baik.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah yang juga Ketua LPTQ Padang Sidempuan Letnan Dalimunthe melalui Wakil Ketua Ratonggi Hasibuan melaporkan bahwa MTQ ini diikuti 229 peserta dari enam kafilah.

Yakni dengan rincian kafilah Sidempuan Utara 42 orang, Sidempuan Selatan 32, Sidempuan Tenggara 34, Sidempuan 39, Sidempuan Hutaimbaru 46 dan tuan rumah Sidempuan Angkola Julu 36 orang.

Adapun jenis yang diperlombakan ada sembilan cabang. Yaitu tartil, qiro’ah, fahmil, tahfiz, syarhil, mujawwad, tafsir, khottil Qur’an dam hadist nabi.

“Sepanjang tiga hari pelaksanaan MTQ ini, kami panitia dan seluruh kafilah berkomitmen menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” tegasnya. (LL)