Uncategorized

Kapolres Tapsel Bersama Forkopimda Paluta Pimpin Anev Penanganan Penyebaran Virus Covid – 19

http://www.kiispadangsidimpuan.com Paluta – Guna terus menekan penanganan penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Paluta, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH bersama unsur Forkopimda Kabupaten Paluta memimpin pelaksanaan Anev (Analisa dan Evaluasi) penanganan penyebaran Virus Covid – 19. Kegiatan Anev ini dilaksanakan di Kantor Posko Covid-19 Perkantoran Bupati Paluta, Selasa (18/1/2022).

Dalam Anev tersebut, Bupati Paluta Andar Amin Harahap, SSTP, MSi yang langsung hadir menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang turut membantu dalam Penanganan Penyebaran Virus Covid – 19 khususnya di wilayah Kabupaten Paluta.

Bupati menyebutkan adapun tujuan melaksanakan Anev atau rapat hari ini adalah guna menganalisa dan mengevaluasi terkait Penanganan Penyebaran Covid – 19. Dan termasuk vaksinasi dosis I, dosis II dan sekarang dosis III (Booster), maka dari itu dimohon saran dan masukan dari semua yang hadir disini apa saja yang menjadi kendala di lapangan.

Pada Anev itu juga, Kabid P2P Dinas Kesehatan Paluta dr. Afrida yang mewakili Kedis Kesehatan menjelaskan terkait perkembangan penanganan penyebaran Virus Covid – 19 di wilayah Paluta.

Sementara itu, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH menyarankan agar operator P – Care melakukan input data terhadap masyarakat yang sudah divaksin sehingga tidak ada perbedaan antara data real dan data KPCPEN dengan membentuk tim operator input data di setiap posko.

Kemudian merencanakan vaksin dosis II untuk masyarakat karena capaian dosis II di KPCPEN sebanyak 66.425 Dosis / 33,64 % dengan metode serbu desa, vaksin massal, vaksin mobile, vaksin door to door dan utamakan remaja yang jelas sasarannya dosis II untuk meningkatkan presentase.

” Laksanakan vaksinasi lanjutan dosis III (Booster) utamakan yanlik / pelayanan publik (ASN) guna meningkatkan imun,” perintah Kapolres Tapsel.

Lanjutnya lagi, agar melaksanakan analisa dan evaluasi hasil pelaksanaan diposko Covid – 19 Kabupaten Paluta sehingga dapat mengetahui apa saja yang menjadi kendala khususnya terkait data real dan data KPCPEN.

Lalu meminta agar mengimplementasikan Inmendagri Nomor 04 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1. Serta mengoptimalkan Posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Dan terkait pelaksanaan turnamen sepakbola atau kegiatan lainnya, Kapolres meminta kegiatan yang menimbulkan kerumunan agar tetap mematuhi prokes bila perlu melakukan testing dilokasi tersebut.

Anev ini juga diisi dengan laporan masing-masing pimpinan OPD Paluta terkait penanganan Covid-19, diantaranya laporan Kadis Pendidikan Paluta H. Sopyan Enda Mora Harahap, SH, terkait data hasil pelaksanaan vaksin anak usia 6 – 11 tahun.Laporan Kadisdukcapil Muhammad Ali Hasibuan, SSTP terkait data masyarakat yang tidak memiliki NIK serta Kakan Kemenag Paluta Drs H.Permohonan Siregar terkait kendala yang terjadi pada pelaksanaan vaksinasi.

Hal yang sama juga disampaikan para PJU Polres Tapsel diantaranya Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Abdi Abdullah, SH terkait data dan jadwal pelaksanaan vaksin dosis II dan dosis III (Booster), Kasat Lantas AKP Sofyan Helmi Nasution, SH yang menyampaikan kegiatan Posko dan Operasi Yustisi, Kasat Intelkam AKP Eldi Koswara yang menyampaikan kendala yang membedakan data real dengan data KPCPEN.

Diakhir kegiatan Anev tersebut, Kapolres Tapsel dan Bupati Paluta meminta agar tetap melakukan sosialisasi / himbauan kepada orang tua siswa agar anaknya mau divaksin.

Dan kepada pamatwil supaya melakukan rapat koordinasi terkait data dan jadwal pelaksanaan kegiatan vaksinasi dosis II dan vaksin dosis III (boster).Serta menyesuaikan data real antara Pemkab dan data Polres dengan data KPCPEN ;

” Harapan saya semoga kita tetap diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas dan harapan kita bersama semoga pandemi ini cepat berlalu,” akhiri Kapolres dalam kegiatan Anev di Paluta.

Hal senada juga disampaikan Bupati Paluta menyampaikan apresiasi atas kerja keras bersama selama ini dalam penanganan penyebaran Covid – 19 sehingga Kabupaten Paluta berada di level I namun demikian jangan under ustimate namun tetap menerapkan prokes yang ketat.

” Reward dan bonus kepada team vaksinator dan pemangku kepentingan lainnya akan segera disiapkan, semoga sinergitas dan koordinasi yang baik antara kita dalam penanganan penyebaran Covid 19 tetap terjaga,” ujar Bupati Paluta.

Turut hadir dalam Anev ini, Pabung Kabupaten Paluta Kodim 0212/TS Mayot Inf.Takdir Dahalu yang mewakili Dandim 0212/TS, Kasi Pidum Kejari Padang Lawas Utara Dona Martinus yang mewakili Kajari Paluta, Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Abdi Abdullah, SH, Asisten dan Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Paluta.

Lalu Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Paulus Robert Gorby Pembina, SIK, Kasat Intelkam AKP Eldi Koswara, Kasat Lantas AKP Sofyan Helmi Nasution, SH, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, SH, MH dan Danramil 05 / Padang Bolak Kapten Inf. Jungkarnaen Siregar serta para Perwira / Pamatwil jajaran Polres Tapsel. (LL)