9 Bulan Melarikan Diri, Pencuri HP dan Laptop Diciduk Di Tapsel

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANGSIDIMPUAN |Seorang pria pencuri handphone (Hp), laptop dan tabung gas di kos-kosan depan Mako Yonif 123/RW Padangmatinggi, Kota Padangsidimpuan, pada bulan Ramadhan yang lalu akhirnya ditangkap setelah sembilan bulan melarikan diri.

Tersangka SMM (22), warga Kelurahan Padangmatinggi, diciduk personil Satuan Reskrim Polres Padangsidimpuan dari lokasi persembunyiannya di Desa Sipenggeng, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (2/12/2023).

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan melalui Kasat Reskrim AKP Maria Marpaung menyebutkan, SMM ini adalah satu dari tiga tersangka pelaku pencurian itu. Satu temannya telah ditangkap dan ditahan dalam kasus lain, satu lagi masih buron.

Dijelaskan, sembilan bulan yang lalu atau Sabtu (26/3/2023) pukul 04:30, pelaku dan dua temannya mencongkel pintu belakang kos-kosan yang ditempati korban Bangkit Pasaribu di Gang Perwira Jalan Imam Bonjol depan Yonif 123/RW.

Para pelaku pencurian itu kemudian mengambil empat HP dan satu laptop di kamar korban, Selanjutnya satu tabung gas yang berada di ruangan dapur juga mereka sikat. Saat itu korban sedang tertidur pulas di kamarnya.

Korban Bangkit Pasaribu (21), menyadari kehilangan setelah terbangun dan hendak makan sahur puasa bulan Ramadhan. Melihat sekelilingnya, ia sangat kaget karena HP dan laptop yang tadinya ada di dekatnya, sudah hilang.

Kemudian Ia bangunkan teman-temannya dan memberitahukan barang barang telah hilang itu dan sekalian mencarinya disekitar tempat kos. Saat memeriksa kondisi rumah, mereka terkejut pintu belakang dapur terbuka dan ada bekas congkelan, bahkan tabung gas isi 3 kiligram juga sudah raib. Selanjutnya, mereka membuat laporan ke Mapolres Padangsidimpuan.

Akibat kejadian ini, korban bersam teman-temannya kehilangan empat HP, satu laptop dan satu tabung gas. Korban Bangkit Pasaribu dan teman-temannya mengalami Kerugian yang diperkirakan mencapai belasan juta rupiah.

Menerima laporan pengaduan korban, personil Satreskrim Polres Padangsidimpuan melakukan penyelidikan dan sembilan bulan kemudian menemukan petunjuk yang jelas. Seorang pelaku, SMM, berhasil ditangkap di Desa Sipenggeng Tapsel.

Kepada petugas, tersangka SMM mengakui perbuatannya. Aksi pencurian itu ia lakukan bersama dua orang temannya, DSH (sedang menjalani hukuman kasus lain di Lapas IIB Salambue) dan S yang saat ini sudah masuk daftar pencarian orang atau buron.(LL)