Uncategorized

Kebakaran Di Kawasan Banjar Sehat Panyabungan, 3 Rumah Warga Hangus Di Lahap Si Jago Merah

http://www.kiispadangsidimpuan.com

MANDAILING NATAL |Tiga rumah dilahap ‘si jago merah’ di kawasan Banjar Sehat, Kel. Panyabungan ll, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal, Rabu (14/6/2023).

Tiga unit rumah berkonstruksi kayu ludes terbakar. Masyarakat sekitar dan sejumlah petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api. Dua unit damkar diturunkan ke lokasi kejadian.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Martua Matondang mengungkapkan, menerima panggilan laporan kebakaran pukul 15.41 di Panyabungan II Lingkungan VI. Dua armada dengan 11 personel ditambah satu unit melakukan pendinginan, langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Lanjut Martua, personil pemadam di lapangan dibantu BPBD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kelurahan, TNI/Polri dan masyarakat sekitar, api dapat dipadamkan lebih kurang 30 menit sekira pukul 16.18 wib. Kerugian diperkirakan mencapai Rp75 juta.

Ustadz Martua, warga setempat menuturkan, kebakaran menyebabkan tiga unit rumah kayu musnah terbakar. Peristiwa ini terjadi sekira pukul 15.15 wib.

“Tiga unit rumah terbakar milik warga Kota Siantar, dihuni tiga keluarga,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh, rumah berbahan kayu bersebelahan langsung dengan tempat tinggalnya, kebakaran pertama kali diketahui ketika ada warga sekitar melihat api membara dan berteriak, “kebakaran…, kebakaran…”.

“Mulai saya keluar, saya melihat asap hitam pekat. Saya langsung mengeluarkan mobil dari garasi yang saat itu api tampak mengarah ke rumah saya,” ujarnya. Peristiwa kebakaran terjadi pas masuk waktu azan Ashar.

“Api begitu cepat membesar karena bahan dari tiga unit rumah kontrakan itu terbuat dari kayu,” tutupnya.

Selanjutnya Lurah Panyabungan Abdul Azis menuturkan, tiga unit rumah terbakar, rumah kontrakan milik Abdul Halim dan Abdul Basid.

“Rumah ini satu pintu dihuni Feri Susanto, 42, bersama istri dan kelima anaknya. Rumah kedua, Hafisuddin, 38, bersama istri dan juga kelima anaknya. Ketiga, dihuni Nurhayati, 58, sebatang kara,” ujar Lurah Panyabungan.

Kemudian selain tiga unit rumah kayu ludes terbakar bersama isinya, peristiwa kebakaran ini juga merembet ketiga unit rumah berada di sampingnya. Berdasarkan informasi dilapangan sementara penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan.(LL)