4 Hari Hilang, Santri Mustofawiyah Purba Baru Tewas Mengapung Di Aliran Sungai Huta Bargot

http://www.kiispadangsidimpuan.com

Mursyadil Kamil, 20, Siswa kelas 7 Pondok Pesantren Mustofawiyah Purba Baru, asal Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, Provinsi Riau, yang Senin (23/1/2023) diduga hanyut terbawa arus Sungai Singolot, ditemukan tewas mengapung di aliran Sungai Huta Bargot, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (26/1/2023) pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal Mukhsin Nasution membenarkan penemuan mayat itu kepada Reporter KIIS FM Lily Lubis.

Dijelaskannya, jenazah Mursyadil Kamil ditemukan anak sekolah yang melintas di jembatan Huta Bargot.

Apa yang dilihatnya itu disampaikannya ke warga dan Kepala Desa. Kemudian diteruskan ke BPBD, Polisi, TNI dan BASARNAS yang sudah empat hari menelusuri sungai guna mencari korban.

“Begitu menerima informasi penemuan mayat di sungai Huta bargot yang memang 20 km dari aliran Sungai Singolot , kita langsung ke lokasi,” kata Mukhsin.

Begitu sampai di lokasi, sudah terlihat sesosok mayat mengapung di sungai itu. Warga sudah banyak berkumpul di lokasi, namun menunggu tim gabungan untuk mengevakuasi jenazah.

“Dipastikan itu jenazah Mursyadil Kamil Santri Mustofawiyah Purba Baru. Kita bersama Polri, TNI, Basarnas, telah membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan dan mengabari pihak keluarga,” jelas Mukhsin.

Kepada seluruh masyarakat, Kepala BPBD Mandailing Natal mengimbau agar pada musim hujan ini lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor. Khususnya yang beraktifitas di dekat sungai dan tebing bukit.

Sebelumnya, Santri Mustofawiyah Purba Baru dinyatakan hilang dan diduga hanyut di sungai Aek Singolot ketika korban hendak mengambil wudhu yang debit airnya meningkat akibat derasnya hujan di hulu sungai, Senin (23/1/2023). Saat itu Mursyadil Kamil terpeleset sehingga terbawa arus sungai.

Keesokan harinya, warga bersama BPBD, BASARNAS, Polri, TNI melakukan pencarian dengan cara menelusuri sungai Aek Singolot

Korban akhirnya ditemukan di aliran sungai Huta Bargot dalam kondisi tewas dan mengapung setelah memasuki empat hari dinyatakan hilang. (LL)