AKP Maria Marpaung, Perempuan Pertama Jabat Kasat Reskrim Polres Padang Sidempuan

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANG SIDEMPUAN

AKP Maria Marpaung, SE.MM, secara resmi dilantik menjadi Kasat Reskrim Polres Padang Sidempuan, menggantikan AKP Bambang Priyatno, S.Sos, yang menempati jabatan baru sebagai Perwira Pemeriksa (Parik) 3 Inspektor Bidang (Itbid) 1 Inspektor Pengawas Daerah (Itwasda) Polda Sumatera Utara.

Serah terima jabatan dari AKP Bambang ke AKP Maria digelar di aula Mapolres Padang Sidempuan dan dipimpin langsung Kapolres AKBP Dwi Prasetyo Wibowo, SIK, pada Senin (2/1/2023).

AKP Maria yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Padang Sidempuan, merupakan Polisi Wanita (Polwan) pertama yang menjabat Kasat Reskrim di jajaran Polda Sumut.

“Ini pertama kalinya di jajaran Polda Sumut seorang Polwan menjabat Kasat Reskrim. Kalau untuk jabatan Kasat Res Narkoba dan Kasat Lantas sudah pernah ada. Ini terobosan baru bagi karir para Polwan,” jelas Kapolres Padang Sidempuan.

AKBP Dwi Prasetyo Wibowo berharap Kasat Reskrim yang baru dapat melanjutkan prestasi kinerja yang telah ditorehkan AKP Bambang. “Buktikan bahwa Polwan juga bisa berbuat yang terbaik,” pesannya.

Kepada Kasat Reskrim yang lama, Kapolres Padang Sidempuan mengucapkan terimakasih atas dedikasi yang telah dipersembahkan selama ini. “Pak Bambang telah banyak membantu kita selama ini. Terimakasih dan selamat bertugas di tempat tugas yang baru,” ujarnya.

Dijelaskan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo, mutasi atau pergeseran jabatan adalah hal yang lumrah dalam organisasi Kepolisian. Selain untuk penyegaran, juga sebagaj proses peningkatan jenjang karir bagi setiap personil Polri.

Upacara serah terima jabatan Kasat Reskrim ini dihadiri Wakapolres Kompol Dr. M. Firdaus, S.I.K, MH, Pengurus Bhayangkari Polres Padangsidimpuan, Kabag SDM Kompol Z.P. Matondang, Kabag Ren Kompol Patar Manurung,. Kapolsek Batunadua AKP Andi Gustawi, Kapolsek Hutaimbaru AKP M. Panggabean. Kasat Intelkam AKP P. Gultom, Kasat Lantas AKP Junaidi, SH.

Kasat Binmas AKP S. Arifin Siregar, SH, Kasat Res Narkoba AKP Jasama H. Sidabutar, SH, Kasat Samapta AKP T. Saragi, Kasiwas AKP Ida Meri, SH, Kasubbag Dalops AKP L. Sihaloho, Kasubbag Renprograr AKP Suhairi Dalimunthe, SH, Ps. Kasubbag Binkar Iptu Aguslim Anhar, SH, dan lainnya. (LL)