Uncategorized

Jalan Tertimbun Longsor Di Kecamatan Saipar Dolok Hole Sudah Normal, Arus Lalin Kembali Lancar

http://www.kiispadangsidimpuan.com

Usai berjibaku dalam upaya pembersihan material selama lebih kurang tiga jam, akses jalan di Jalan Padang Mandailing, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), kini sudah kembali normal.

Hal tersebut diungkapkan Kapolsek SDH, Polres Tapsel, Iptu Amron Simanullang, SH, melalui pesan singkat Whats App, Rabu (28/12/2022) malam.

“Setelah tadi pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, kita meninjau longsor, tak lama alat berat milik Dinas PU (Pekerjaan Umum) Kabupaten Tapsel tiba di lokasi. Kemudian, pengerjaan pembersihan material longsor mulai berlangsung. Sekitar tiga jam usai bergotong royong bersama, material longsor di jalan sudah bersih dari lokasi,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut, kata Kapolsek SDH, karena akses jalan sudah bersih dari material longsor, maka sudah tidak terjadi lagi kemacetan kenderaan. Meski begitu, pihaknya masih terus melakukan upaya pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas (Lalin) di lokasi hingga material longsor benar-benar bersih.

“Kendati (arus Lalin) sudah lancar, kami juga menghimbau pengguna jalan agar tetap waspada dan hati-hati saat melintas di sini,” himbau Kapolsek.

Akses Jalan antar Kabupaten Sempat Terputus

Sebelumnya, Kapolsek SDH bersama anggota dan Babinsa Koramil 04/SD Hole, langsung terjun ke lokasi. Kapolsek datang begitu mengetahui adanya tanah longsor yang menimbun akses jalan. Sembari menunggu alat berat tiba, Kapolsek dan lainnya bergotong royong membersihkan material longsor.

Akibat peristiwa itu, akses jalan antar kabupaten sempat terputus. Di mana, warga dari Desa Somba Debata, Kecamatan SDH, Kabupaten Tapsel sempat tidak bisa menuju, Tapanuli Utara.

Kapolsek bersama anggota dan Babinsa Koramil 04/SD Hole, juga melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus Lalin selama menunggu alat berat datang. (LL)