Longsor di Sitamiang Baru, 10 Keluarga Mengungsi

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANG SIDIMPUAN

10 keluarga di Gang Air Bersih, Kelurahan Sitamiang Baru, Kecamatan Padang Sidimpuan Selatan, Kota Padang Sidimpuan, terpaksa mengungsi akibat tebing bukit di belakang rumahnya mengalami longsor, Kamis (17/11/2022).

Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sidimpuan Dedy Iriansya Siregar kepada Reporter KIIS FM Lily Lubis mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Dijelaskannya, hujan yang terus mengguyur Padang Sidimpuan selama enam jam telah mengakibatkan longsor, banjir dan genangan air pada sejumlah wilayah kota ini.

Di Sitamiang Baru, longsor mengakibatkan dua rumah warga mengalami rusak ringan. Namun karena tekstur tanah yang tidak stabil, 10 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di sekitarnya terpaksa diungsikan

“Posko darurat dan tenda pengungsi telah kita dirikan di Sitamiang Baru. Kemudian membersihkan material longsor dan membantu memindahkan barang berharga milik penghuni rumah,” jelas Dedy.

Lebih lanjut dijelaskan Plt. Kalaksa BPBD, hujan yang mengguyur Kota Padang Sidimpuan ini juga telah mengakibatkan longsor di Jalan Sidimpuan By Pas. Alat berat Dinas PU telah dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup badan jalan.

Sementara di Bakaran Batu, telah terjadi banjir dan meninggalkan genangan air di sekitaran pemukiman warga. Pihaknya telah turun ke lokasi membersihkan gorong-gorong agar air segera surut.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini dan sekaligus membersihkan material lumpur serta genangan air di lapangan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dibantu oleh prajurit TNI, personil Polri, Dinas PUTR, pemerintah kecamatan dan kelurahan.

“Kepada masyarakat Padang Sidimpuan, kami minta agar meningkatkan kewaspadaan di curah hujan yang tinggi saat ini. Karena dapat mengakibatkan bencana longsor, banjir dan musibah lainnya,” pesan Dedy.

Sementara bagi warga yang menemukan atau mengalami kejadian musibah di atas, diharap segera menghubungi call centre di 0821-644-1754. (LL)