Gudang Elektronik Dilalap Si Jago Merah

http://www.kiispadangsidimpuan.com

PADANG SIDIMPUAN

Toko Elektronik Maju Jaya yang berada di seberang jalan Perguruan Sariputra, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padang Sidimpuan Utara, Kota Padang Sidimpuan, terbakar pada Selasa (8/11/2022) sekitar pukul 11:30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalan musibah kebakaran ini. Kerugian sementara diperkirakan ratusan juta rupiah dan bahkan bisa jadi mencapai Rp.1 miliyar.

Sampai dengan pukul 14:30 WIB, petugas pemadam kebakaran dan warga masih berupaya memadamkan sisa-sisa api di bangunan rumah toko (ruko) berlantai tiga itu.

Empat mobil pemadam kebakaran milik Pemko Padang Sidimpuan dan Pemkab Tapanuli Selatan masih terus ‘berjibaku’ di lokasi.

Pantauan di lapangan, ruko yang terbakar itu berada di bangunan paling ujung barisan Dawa Market dan terpisah gang selebar 2 meter dengan Indomaret Sadabuan.

Api ‘melahap’ isi bangunan permanen itu mulai dari lantai bawah sampai lantai tiga. Sejumlah warga terlihat masih sempat menyelamatkan beberapa barang elektronik yang sehari-harinya dijual di toko itu.

Informasi di lapangan, istri pemilik toko dan dua karyawan terpaksa harus keluar dari teras lantai dua dan turun dari kanopi dengan menggunakan tangga yang disiapkan warga

Namun karena satu karyawan pingsan setelah turun dari kanopi, warga langsung membawanya ke Rumah Sakit TNI-AD untuk mendapatkan perawatan medis.

Syahrul, warga sekitar lokasi menceritakan, kebakaran ini pertama kali mereka ketahui setelah ada teriakan minta tolong dari dalam ruko. Saat menoleh ke arah suara, dia dan warga lainnya melihat kepulan asap hitam keluar dari pintu dan jendela lantai dua.

“Kesehariannya bangunan ini dipakai pemiliknya sebagai tempat jualan barang-barang elektronik dan rumah tempat tinggal,” kata Syahrul, sopir angkutan umum yang loketnya berjarak 20 meter dari ruko terbakar itu.

Kebetulan lokasi ini berada di pinggir jalan raya dan ada sejumlah loket angkutan umum di sana. Menurut Syahrul, banyak warga yang membantu pemadaman api dan mengeluarkan barang-barang yang terselamatkan dari dalam ruko.

Sampai pukul 15:00 WIB belum ada keterangan resmi tentang berapa kerugian yang ditimbulkan musibah kebakaran ini, namun perkiraan sementara mencapai ratusan juta rupiah. (LL)