Makmurkan Masjid, MUI Padangsidimpuan lahirkan Imam dan Khatib berkualitas

Pelatihan Imam dan Khatib Sekota Padangsidimpuan di Aula Majelis Ulama Indonesia

http://www.kiispadangsidimpuan.com Padangsidimpuan – Majelis Ulama Indonesia telah melaksanakan pelatihan Imam dan Khatib se kota Padangsidimpuan yang bertempat di Aula Majelis Ulama Indonesia, Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Padangsidimpuan, Sabtu (24/9)

Berawal dari keinginan memakmurkan masjid, MUI sebagai tenda besar umat islam tentu saja memikirkan semua persoalan persoalan umat. Salah satu persoalan umat Islam saat ini adalah kurangnya minat ke mesjid dengan berbagai dalih.

Ketua Umum MUI Padangsidimpuan Drs Zulpan Efendi Hasibuan, MA di sela – sela acara menjelaskan bahwa salah satu persoalan Umat Islam saat ini adalah kurangnya minat ke mesjid.
” Ada sentilan – sentilan yang kita dengar dari masyarakat terkait kurangnya minat mereka beribadah ke masjid, diantaranya karena Imamnya kurang baik dan bacaannya kurang bagus, atau kalau sholat jumat khatibnya kurang enak dalam membawakan khutbah, ada juga yang mengatakan karena khatibnya itu-itu saja”. Jelasnya.

Ketua Komisi Hukum MUI Padangsidimpuan, Romi Iskandar Rambe, SH menambahkan penjelasan terkait kondisi umat Islam saat ini.
” Kondisi kita di beberapa titik di Padangsidimpuan saat ini merosot, regenerasi Imam dan Khatib masjid pun sangat minim. Masyarakat enggan ke mesjid karena kurangnya kualitas Imam dan khatib. Selain kualitas, kuantitas pun turut menjadi masalah, salah satu contohnya, di Mesjid Al Mawaddah kita harus merekrut imam dan khatib dari luar”. Ujarnya

Beliau juga mengatakan bahwa kualitas diri seorang Imam dan Khatib perlu diperbaiki agar layak menjadi contoh bagi masyarakat.

Berangkat dari hal ini, MUI pun merasa perlu mengadakan pelatihan Imam dan Khatib dengan tujuan masyarakat akan lebih nyaman dan tertarik beribadah ke masjid sehingga Masjid kembali makmur.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH,MM turut dihadiri perwakilan Kemenag dan Pengurus Inti MUI kota Padangsidimpuan.

Peserta pelatihan adalah Imam dan Khatib dari berbagai desa dan kelurahan di kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dan Padangsidimpuan Batunadua dengan total 60 orang peserta.

Ketua MUI kota Padangsidimpuan Drs. Zulpan Efendi Hasibuan, MA berperan langsung sebagai pemateri yang berkaitan dengan tugas dan peran Imam masjid, sedangkan materi tentang Khatib diberikan oleh Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Padangsidimpuan Drs. H. Syahid Muammar Pulungan, SH.

Terkait respon peserta dalam forum pelatihan, Ustadz Zulpan mengatakan kehadiran peserta yang mencapai 95 % menunjukkan bahwa mereka sangat respect dan antusias. Begitu juga saat penyampaian materi. Setelah materi akan dilaksanakan praktek agar pemahamannya maksimal.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini akan ada perubahan berupa peningkatan kualitas imam dan khatib masjid, sehingga mesjid kita akan lebih baik”. Ungkapnya. (FE)