Uncategorized

Jelang Ramadan dan Idul Fitri, Kapolres Tapsel Imbau Warga Tidak “Panic Buying”

http://www.kiispadangsidimpuan.com Tapanuli Selatan-Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, mengimbau kepada segenap warga, untuk tidak melakukan “Panic Buying”, menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. Perilaku menghindari “Panic Buying”, menurut Kapolres, bisa antisipasi lonjakan harga bahan pokok penting (Bapokting). Sebab hingga kini, kata Kapolres, ketersediaan Bapokting masih tercukupi.

“Dan polisi pasti akan melakukan tindakan kepada para oknum yang coba melakukan penimbunan dan penyalahgunaan dalam hal pendistribusian Bapokting, terlebih lagi menjelang Idul Fitri,” ungkap Kapolres pada rapat koordinasi dengan Forkopimda Tapsel dan Paluta terkait kesiapan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Sabtu (2/4/2022) di Aula Pratidina Mako Polres setempat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres meminta kepada pemerintah daerah serta jajaran Polres Tapsel berkoordinasi dalam hal identifikasi, monitoring, pengawasan, dan tindakan hukum, akan penyimpangan distribusi BBM dan LPG subsidi karena dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Kapolres juga berharap agar terjadi sinergi yang baik antara Polri dengan pihak terkait, dalam hal mengantisipasi dan menangani kenaikan harga bahan pokok penting jelang Ramadan dan Idul Fitri, yaitu terkait pasokan pupuk bersubsidi, resistensi pembangunan kawasan industri, BBM dan LPG subsidi, validasi data UMKM dalam mendapatkan KUR, penyimpangan BPNT, dan investasi ilegal.

“Terbatasnya anggaran subsidi LPG dan BBM yang hanya mencukupi sampai bulan Oktober 2022 dapat kiranya diantisipasi, agar tidak terjadi kelangkaan LPG dan BBM yang dikhawatirkan dapat timbulkan gejolak di masyarakat, melalui koordinasi dengan pihak terkait, guna mendapatkan solusi ketersediaan BBM dan LPG,” terang Kapolres.

Tampak hadir, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Sekda Paluta Burhan Harahap, Wakapolres Tapsel Rahman Takdir Harahap, mewakili Danyon 123/RW Kapten Karya G Rambe, mewakili Danyon C Sat Brimob Polda Sumut AKP Darwin Rambe, Dansub Denpom 1/2 Kapten CPM Ongku Siregar.

Asisten II Tapsel M Said, Asisten II Paluta Halongonan Siregar, Kepala PLN Padangsidimpuan M Zein, dan Kepala Bulog Padangsidimpuan Partahanan Daulay. Hadir juga, para OPD Kabupaten Tapsel dan Paluta, serta Pimpinan SPBU/SPPBE di Tapsel dan Paluta.