Mantan Staf Khusus Wapres: Tapsel Miliki Wisata Lengkap

Mantan Staf Khusus Wapres (Wakil Presiden) RI Hamzah Haz, yang juga putra Tapanuli Selatan, HM.Yusuf Siregar (kiri) berbincang dengan Wapres RI Hamzah Haz pada Tahun 2001. Mantan Staf Khusus Wapres: Tapsel miliki wisata lengkap. Waspada/Ist

SIPIROK (Waspada): Mantan Staf Khusus Wapres (Wakil Presiden) RI Hamzah Haz, yang juga putra Tapanuli Selatan (Tapsel), HM Yusuf Siregar berbincang pariwisata, sebagai kabupaten yang berada di sisi Barat Pulau Sumatera Utara memiliki beragam aneka wisata.

“Tapanuli Selatan (Tapsel) memiliki paket pariwisata lengkap, mulai dari pantai, laut, danau, bukit, lembah, pegunungan, kuliner hingga kekayaan adat istiadat,” ujar HM Yusuf Siregar biasa disapa Presiden Siregar se-dunia itu kepada Waspada.id di Sipirok, Jumat (9/10).

Keindahan alam bumi Angkola ini kata dia, nan elok bukan gembar-gembor semata, ternyata sebagian besar wisatawan yang berkunjung mengakui daerah ini memiliki daya tarik berupa alam yang indah.

Untuk wisata bahari Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki Pantai Muara Opu di Desa Muara Opu, Kecamatan Muara Batangtoru, dengan pesona matahari terbenam, hingga panorama Danau Siais di Kel. Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur.

Bagi pecinta wisata air, sejumlah sungai DTW (Daerah Tujuan Wisata) ada Aek Parsariran, Kec.Batangtoru, ada juga Aek Sijorni di Kec. Sayurmatinggi juga tak kalah menggoda untuk dikunjungi, airnya begitu jernih ditambah alam yang mempesona.

Untuk yang suka rekreasi ke pegunungan, Sipirok menjadi pilihan. Sejuknya hawa kota Sipirok dengan ikon tugu pahlawan di depan kantor camat Sipirok hingga pemandangan eksotik Tor Simago-mago membuat mata tak jemu memandang.

Belum lagi Danau Marsabut di Desa Bunga Bondar, Kec.Sipirok, yang juga tak kalah menarik untuk disinggahi. Di kelilingi hutan yang begitu asri.

“Semua itu kian sempurna dengan sajian kuliner yang kaya mulai dari nasi khas masakan Angkola, nasi ikan panggang pakai sinyarnyar, gulai ikan sale, daun ubi tumbuk, sampai beragam penganan tradisional yang menggugah selera di Tapanuli Selatan ini,” ujar mantan Staf Khusus Wapres ini.

Sejumlah daerah di Tapanuli Selatan juga punya aktraksi budaya yang unik seperti marmoncak (silat), maronang-onang, Panaek gondang (mengadakan pesta besar) hingga wisata religi ke sejumlah masjid yang indah dan mempesona.


“Para perantau jangan lupa ke Tapanuli Selatan berwisata yang asri, sejuk dan damai dibalut budaya Dalihan Natolu. Tentu jika anda datang berwisata ke Tapanuli Selatan Naposo Nauli Bulung (muda-mudi) dan warga akan menyapa dengan senyum,” tutur HM Yusuf Siregar.(a38)

sumber : https://waspada.id/sumut/mantan-staf-khusus-wapres-tapsel-miliki-wisata-lengkap/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *