KOWTB Resahkan Pejabat Dan Kontraktor Di Aceh Tenggara

Sekretaris PWI Agara Bulkainisyah. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Selain merusak citra wartawan, Kawanan Oknum Wartawan Tanpa Berita (KOWTB) meresahkan berbagai kalangan terutama pejabat dan kontraktor di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara).

Hal tersebut dibeberkan salah seorang kontraktor yang minta namanya dirahasiakan kepada Waspada Rabu (30/9).

KOWTB setiap harinya berkeliaran keluar masuk di perkantoran di Bumi Sepakat Segenep dengan berpakaian rapi dan memiliki kartu pers, juga dilengkapi sarana pendukung mulai dari notes, pulpen, kamera. Gaya yang diperagakan setiap harinya itu persis bak wartawan yang benar aktif menulis berita.

Ironisnya, untuk mendapatkan sejumlah uang KOWTB menakut nakuti pejabat dan kontraktor seolah olah melakukan kesalahan. Bila tidak diberi sejumlah uang, KOWTB nekat melakukan pengancaman yakni akan membuat berita panas. Namun berita yang akan ditulis tersebut tak kunjung terbit di media yang disebutkannya.

“Hampir setiap hari datang menjumpai pejabat di ruang kerjanya dengan cara tanya sana sini, ujung ujungnya meminta uang. Ini merusak citra wartawan yang aktif menulis berita,” tambah sumber.

Sekretaris PWI Aceh Tenggara Bulkainisyah ketika dimintai tanggapannya terkait keresahan pejabat dan kontraktor yang dilakukan KOWTB, Rabu (30/9), menyesalkan perilaku yang ngaku-ngaku wartawan di Aceh Tenggara ini.

“Ya, ngaku-ngaku wartawan merusak citra lembaga pekerja pers yang sesungguhnya, seharusnya yang ngaku-ngaku wartawan ini belajar lah menjadi wartawan benaran,” sebutnya.

Menurut Bulkaini, wartawan tanpa berita sama saja wargad. Wartawan yang benar itu sesuai undang-undang pers nomor 40 tahun 1999. Dalam undang undang ini sudah diatur tugas pers mulai dari tata cara konfirmasi, buat berita dan lain-lain.

Maka itu Bulkaini minta pejabat dan kontraktor di Agara mengabaikan bila ada yang ngaku-ngaku wartawan. Katanya lagi, bila perlu wargad ini laporkan kepada pihak yang berwajib untuk membuat efek jera, ujar Bulkaini. (Cseh)

sumber : https://waspada.id/aceh/kowtb-resahkan-pejabat-dan-kontraktor-di-aceh-tenggara/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *