Peringatan Hari Veteran Nasional Di Kota Padangsidimpuan Sepi Ucapan

http://www.kiispadangsidimpuan.com, Padangsidimpuan – Pada tanggal 10 Agustus setiap tahunnya, Indonesia selalu memperingati Hari Veteran Nasional. Peringatan ini dilakukan salahsatunya untuk mengenang jasa-jasa para pejuang nasional yang telah berkorban memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan Hari veteran ini juga telah diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional

Tidak itu saja terdapat juga satu organisasi resmi yang menaungi para pejuang kemerdekaan ini yang dinamakan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan anggotanya terdiri dari para pejuang kemerdekaan yang berkorban merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Namun sangat disayangkan, tidak jarang para veteran ini sering luput dari perhatian pemerintah atau selalu diterbelakangkan, salahsatunya masalah kesejahteraan.

Hari ini tepat tanggal 10 Agustus 2020 adalah momen memperingati hari veteran nasional, namun sangat disayangkan hari para pejuang ini pemerintah kota Padangsidimpuan tidak memperingatinya sebagai bentuk penghargaan kepada para veteran pejuang kemerdekaan ini.

Pantauan dari media selain tidak ada peringatan, terlihat kantor Leguin Veteran Republik Indonesia (LVRI) cabang kota Padangsidimpuan yang beralamat di jalan Mawar kelurahan Ujungpadang kecamatan Padangsidimpuan Selatan, satu pun tidak ada terlihat ucapan ataupun papan bunga dari pemerintah kota Padangsidimpuan begitu juga ucapan dari unsur TNI dan pihak kepolisian atau Forkompimda.

Jika kita melihat momen peringatan hari veteran nasional di kota Padangsidimpuan, apakah ini salahsatu bukti bahwa jasa – jada para pejuang itu terlupakan dan sudah tidak memiliki arti lagi.

Salah satu anggota badan pertimbangan LVRI cabang Padangsidimpuan H. Rubingan mengatakan, untuk tahun peringatan hari veteran di kota Padangsidimpuan tidak ada kegiatan sama sekali baik itu mengunjungi makam pahlawan untuk pemberian karangan bunga.

“Peringatan hari veteran di kota Padangsidimpuan tidak ada, baik dia dari pemerintah sendiri, mungkin bisa juga alasan karena masa pandemi itu, tapi saya lihat di beberapa daerah ada juga yang memperingatinya” jelas Rubingan dikantor LVRI Kota Padangsidimpuan,

Selain itu, Ia menceritakan bahwa selama ini kegitana LVRI sendiri juga sudah lama vakum karena keterbatasan usia dan juga keterbatasan anggaran. Kemudian Ia juga menyinggung masalah kesejahteraan para veteran juga sangat kurang diperhatikan.

“Kita hanya berharap kalau peringatan hari veteran itu jangan pernah dilupakanlah apalagi sama pemerintah sendiri dan yang paling penting di momen ini masalah kesejahteraan veteran harapannya lebih diperhatikan lagi” ungkap Rubingan.

Sementara ketua Pemuda Panca Marga (PPM – LVRI) kota Padangsidimpuan Okto Panda Tambusai yang juga merupakan organisasi anak, cucu dan keturunan veteran ini, menyebutkan, bahwa hari veteran ini adalah salahsatu bentuk penghargaan negara kepada para pejuang kemerdekaan. Maka sangat perlu di peringati, khususnya penting bagi para generasi muda.

Ia juga menyayangkan jika peringatan hari veteran tidak di gelar di kota Padangsidimpuan sendiri, Ini sama sekali melupakan jasa pars pejuang kemerdekaan bangsa.

“Bukankah Soekarno pernah mengatakan jangan sekali kali melupakan sejarah, bukankah para veteran ini adalah bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia”

“Sangat disayangkanlah jika peringatan hari veteran ini tidak diperingati, walaupun ini di masa pandemi setidaknya ucapan selamat atau papan bunga ada dari unsur pemerintah kota Padangsidimpuan maupun unsur forkopimda, kita tau veteran ini tambah tahun tambah berkurang bukannya tambah tahun tambah tumbuh, sudah seharusnyalah kita memperhatikan mereka”. Tegas okto.(lily lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *