Diduga Mark-up Dana Desa, Warga Aek Haruaya Akan Laporkan Kades ke Polisi

PALUTAWaspada.co.id – Sejumlah masyarakat berserta tokoh adat Desa Aek Haruaya Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) merasa kecewa terhadap pemerintahan desa siap melaporkan kadesnya ke aparat penegak hukum.

Hal ini bermula dari banyaknya dugaan anggaran dana desa yang dicurigai bermasalah dan diduga mark-up sebagai mana yang tertuang dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Tahun Anggaran (TA) 2019.

Salah satu tokoh adat di desa, Manorpa Siregar (51) mengatakan dana desa yang merupakan program dari pemerintah pusat, harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. “Serta untuk kebutuhan desa dalam meningkatkan sarana dan prasarana atau infrastruktur bagi kesejahteraan masyarakat setempat untuk kemajuan desa tersebut, dan bukannya untuk di bagi-bagi dan di selewengkan,” bebernya, Senin (20/4).

Di mana pada tahun anggaran 2019, Desa Aek Haruaya mendapatkan bantuan dana desa hampir Rp1 miliar. Seharusnya digunakan untuk pengembangan dan ke majuan desa, baik fisik maupun non fisik. “Ini malah banyak yang dimark-upoleh kepala desa,” ketusnya.

Tokoh adat desa lainnya Besteng Siregar (49) mengatakan bahwa, dalam pengelolaan Dana Desa T.A 2018 dan 2019 oleh TPK tidak transparan dan diduga ada permainan antara kepala desa dan bendahara.

“Walau pun kita bukan ahli bidang teknis, namun secara kasat mata terlihat di lokasi yang di bangun dan kegiatan-kegiatan banyak kejanggalan yang dikerjakan oleh pak kepala Desa Aek Haruaya yang patut diaudit dan diperiksa oleh penegak hukum,” tambahnya.

Untuk diketahui, dari kegiatan Dana Desa T.A 2019 seperti di Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, di Sub Bidang Kepemudaan, pengadaan peralatan olah raga sebesar Rp41.450.000,- dan di Sub bBdang Kelembagaan Masyarakat pengadaan teratak Rp7.702.400,- dua set dan satu lagi di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sub Bidang Perdagangan dan Perindustrian waktu pelaksanaan satu bulan tapi hanya dibuat hanya satu minggu saja.

“Kami dan sejumlah tokoh serta seluruh masyarakat dan pemuda Naposi Nauli Bulung (NNB) Desa Aek Haruaya meminta agar pihak inspektorat, Kejari Paluta dan Polres Tapsel agar memeriksa kepala Desa Aek Haruaya.

“Kita sedang siapkan berkasnya terkhusus anggaran dana desa tahun 2019. Dan jika sudah selesai kita akan buat laporan ke pihak yang berwenang,” tutup Manorpa.(wol/bon/data2)

Sumber : https://waspada.co.id/2020/04/diduga-mark-up-dana-desa-warga-aek-haruaya-akan-laporkan-kades-ke-polisi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *