Petani Teluk Meku Dambakan Listrik Untuk Mesin Pangairan

Salah seorang petani di Dusun V Medan Dua Desa Teluk Meku Kec Babalan, Kab Langkat sedang memulai bercocok tanam bibit padi, Kamis (25/6). Beritasore/Boy Apriza

P.BRANDAN (Berita) : Petani Dusun V Medan Dua Desa Teluk Meku Kec Babalan Langkat mendambakan pengadaan listrik untuk mesin pompa pengairan sawah dengan menggunakan metode dab celup.

Hal itu disampaikan Hendra Syahputra salah seorang petani yang tergabung dalam kelompok Tani Barokah Dusun V Medan Dua Desa Teluk saat dikonfirmasi , Kamis (25/6).

Disebutkan, metode dab celup lebih baik dan mudah bagi petani karena lebih praktis dari mesin pompa air yang menggunakan bahan bakar bensin dan bahan bakar gas.

“Hanya saja untuk metode mesin pompa air dab celup harus menggunakan tenaga listrik. Sementara aliran listrik dari kawasan persawahan petani di Dusun V Medan Dua Desa Teluk jauh dari aliran. Sekitar satu kilometer dari kawasan persawahan, “jelas Hendra.

Dikatakan , dengan metode itu para petani di daerah Desa Teluk Meku dapat menghasilkan panen padi yang terbaik.

” Sulitnya mendapatkan pengairan mengakibatkan petani lain tidak dapat bercocok tanam dan gagal panen. Hanya sebagian yang bisa menanam padi, “sebutnya.

Selain membutuhkan pompa air dab celup bertenaga listrik , para petani di Dusun V Medan Dua Desa Teluk Meku juga mengharapkan pencucian parit agar mempermudah aliran air yang mengalir dari sungai.

Dia menambahkan, Desa Teluk Meku Kec Babalan Kab Langkat salah satu lumbung padi terbesar di Kab Langkat.

“Dengan adanya bantuan masuk aliran listrik di kawasan persawahan di Desa Teluk Meku Kec Babalan Langkat dari Dinas Pertanian Kab Langkat yang bekerjasama dengan pihak PLN akan mempengaruhi hasil pertanian di desa kami, “harap Hendra. (bap)

sumber : https://beritasore.co.id/berita-utama/petani-teluk-meku-dambakan-listrik-untuk-mesin-pangairan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *