Gerhana Matahari Terlihat Hari Ini, Sumut Diprediksi Diguyur Hujan Ringan

Medan – Gerhana matahari cincin bakal terlihat di Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Yuk cek prakiraan cuaca sebelum menyaksikan gerhana matahari cincin nanti.

Dilihat dari situs BMKG, Minggu (21/6/2020), hujan dengan intensitas ringan diprediksi bakal mengguyur hampir seluruh wilayah Sumut pada siang hari.

Hujan dengan intensitas ringan juga diprediksi bakal mengguyur Medan, Lubuk Pakam, Binjai hingga Gunung Sitoli pada malam hari. Selanjutnya, sebagian wilayah di Sumut diprediksi berawan pada dini hari.

Sebelumnya, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tuntungan, Teguh Rahayu, mengatakan gerhana yang teramati dari Sumut hari ini merupakan gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam (Nias Selatan) hingga 0,189 di Stabat (Langkat).

“Cahaya matahari akan terhalang oleh bulan sehingga tidak seluruhnya akan sampai ke bumi,” ucapnya.

Dia mengatakan gerhana matahari bakal berlangsung sekitar 2 jam. Menurutnya, gerhana matahari sebagian ini punya waktu puncak untuk bisa dilihat oleh warga.

“Secara umum, gerhana di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB,” jelasnya.

Rahayu pun memberi tips aman untuk melihat gerhana matahari ini. Dia meminta warga tak menatap langsung ke arah matahari.

“Tips aman, jangan melihat langsung dengan mata telanjang. Tidak boleh juga melihat bayangan gerhana di air,” ujar Rahayu.

Rahayu mengatakan gerhana matahari bisa dilihat menggunakan teropong yang menggunakan filter. Gerhana matahari juga bisa dilihat menggunakan kacamata khusus.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-5061953/gerhana-matahari-terlihat-hari-ini-sumut-diprediksi-diguyur-hujan-ringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *